17 Agustus 2019 06:40:27
Ditulis oleh MUDIONO

KKN STAI AL HIKMAH DISKUSI BERSAMA WARGA DESA SIDOTENTREM

http://www.sidotentrem-bangilan.desa.id - pukul 09.00 WIB mahasiswa KKN mengadakan Focus Group Discussion ( FGD ) pertama dengan tema "demokrasi urgenitas potensi desa Sidotentrem dalam mengangkat pemberdayaan masyarakat" bersama perwakilan warga desa Sidotentrem yang bertempat di balai desa. perbincangan pagi ini diawali dengan sambutan dari Dosen Pembimbing Lapangan yang diteruskan dengan acara inti. diskusi kali ini bertujuan untuk mengetahui masalah dan harapan warga desa Sidotentrem.

Warga berantusias menyampaikan aspirasi tentang bentuk permasalahan yang dialami warga setempat. dar berbagai sumbangsih pemikiran yang diutarakan dalam forum dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang terjadi adalah mengenai sampah, baik organik maupun anorganik. selain itu kotoran sapi juga menjadi permasalahan yang menyangkut tentang kebersihan lingkungan. akibat yang ditimbulkan jika terdapat sampah berserakan adalah tersumbatnya saluran drainase, yang nantinya ketika musim penghujan air akan menggenangi jalan.

Harapan dari warga setempat adalah berdirinya bank sampah serta pelatihan pengolahan biogas dan pelatihan kerajinan dari sampah anorganik. untuk sampah organik, seperti janggel jagung bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak. mengenai perwujudan harapan warga, tim KKN akan menggaet ahli dari luar untuk memberikan penyuluhan, pembekalan dan pelatihan terhadap warga yang akan dilaksanakan dalam acara FGD selanjutnya. (kkn/sdtentrem)

 

 

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus