21 Agustus 2019 22:01:19
Ditulis oleh MUDIONO

APARATUR DESA SIDOTENTREM

http://sidotentrem-bangilan.desa.id - Desa dipimpin oleh seperangkat pejabat desa yang disebut sebagai pemerintah desa. Namun, seringkali pemerintah desa ini sering disalah artikan atau bahkan salah pengertiannya dengan pemerintahan desa. Berikut ini ada penjelasan mengenai pengertian pemerintah desa yang mana juga dijelaskan siapa saja yang berada didalamnya.

Yang pertama kali perlu diketahui dan dipahami adalah mengenai pengertian pemerintah desa. Pemerintah Desa adalah mereka yang bertugas untuk mengatur dan melaksanakan pemerintahan di tingkat desa yang dikepalai oleh Kepala Desa dan dibantu oleh Perangkat Desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa. Jadi yang disebut dengan pemerintah desa adalah pelaksananya.

Setelah memahami tentang pengertian pemerintah desa, maka selanjutnya adalah pengertian dari pemerintahan desa. Pemerintahan Desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat atau desa.

Pemerintahan ini dilaksanakan berdasarkan atas dua faktor yakni dari faktor asal-usul dan adat istiadat setempat yang mana keduanya diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jadi, dalam hal ini perangkat desa yang bertugas dalam pemerintahan desa dianggap sah di mata hukum.

Dari keduanya yakni dari pengertian pemerintah desa serta pengertian pemerintahan desa, bisa disimpulkan bahwa pemerintah desa merunut pada pelaksana atau orang yang bertugas melaksanakan sedangkan pemerintahan desa adalah proses menjalankan tugas dari perangkat desa yang terdiri atas beberapa bagian.

Selain memahami pengertian pemerintah desa, perlu juga dipahami apa saja yang termasuk dengan perangkat desa. Perangkat desa dipimpin oleh Kepala Desa yang posisinya sejajar dengan BPD atau Badan Penyelenggara Daerah. Keduanya merupakan puncak pemerintahan dimana Kepaa Desa adalah petugas pelaksana pemerintahan.

Dibawah Kepala Desa terdapat Sekertariat Desa yang dipimpin oleh Sekertaris Desa. Sekertaris Desa ini sering disebut sebagai Carik di beberapa daerah. Sekertaris Desa juga mengepalai beberapa bidang Tata Usaha yang ada dibawahnya. Keberadaan Tata Usaha ini didasarkan pada kebutuhan masing masing desa.

Setelah Carikatau Sekertaris Desa, dibawahnya terbagi menjadi dua yakni Unsur Pelaksana Teknis Lapangan serta Unsur Kewilayahan. Untuk Unsur Pelaksana Teknis Lapangan terdapat beberapa Kepala yakni Kepala Urusan Pemerintahan, Kepala Urusan Pembangunan, Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat, Kepalah Urusan Keuangan, dan Kepala Urusan Umum.

Para Kepala Urusan tersebut sering disebut sebagai Kaus di beberapa daerah. Sedangkan untuk Unsur Kewilayahan untuk melengkapi pengertian pemerintah desa terdapat Kepala Dusun yang mana jumlahnya bergantung kepada luas desa dan banyaknya dusun didalamnya.

Dalam melaksanakan pemerintahan desa, terdapat tiga buah hubungan yakni hubungan Komando seperti dari Kepala Desa kepada Kaus atau Kepala Dusun. Yang kedua adalah hubungan Koordinasi yakni pada Kepala Desa pada BPD dan yang terakhir adalah garis hubungan Konsultatif yakni dari Tata Usaha pada Kaus dan juga Kepala Dusun.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian pemerintah desa beserta perangkat desa dan bagaimana pemerintahan desa dilaksanakan. Pemerintah desa melaksanakan tugasnya yang dilindungi oleh undang-undang yang juga berkoordinasi dengan BPD serta perangkat desa lainnya untuk memastikan berjalannya pemerintahan.

Semoga apa yang ada di artikel diatas tersebut yakni berupa pengertian pemerintah desa, juga berbagai perangkat desa yang membantu pemerintahannya sehingga dapat membantu anda untuk memahami struktur pemerintahan dalam desa yang seringkali dilupakan terutama untuk mereka yang telah lama hidup di kota. (md/sdtentrem)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus